Tender Paket Pekerjaan Pengadaan Jasa Lainnya Perawatan, Keamanan dan Layanan Perkantoran Gedung Komisi Yudisial serta Kantor Penghubung Komisi Yudisial di Daerah Tahun Anggaran 2023

Nilai Pagu Paket Rp. 20.043.512.882,00

Jl. Jenderal Sudirman KM 2.5 No 7490 Palembang - Palembang (Kota) Jl. STM Ujung/Atas No 74 Medan Kelurahan Suka Maju, Kecamatan Medan Johor, Kota Medan - Medan (Kota) Jl. Supu Yusuf No. 17 Korumba Kota Kendari-Sultra - Kendari (Kota) Jl. Raya Abepura, Ale-Ale, Padang Bulan, Kel. Heram, Kec. Jayapura, Papua, 99351 - Jayapura (Kota) Jl. Yos Sudarso No.27 RT.003 RW.005 Kelurahan Manokwari Barat, Distrik Manokwari Barat, Kabupaten Manokwari, Papua Barat 98312 - Manokwari (Kab.) Jl. Asahan Nomor 2, Kelurahan Rimbo Kaluang, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat. - Padang (Kota) Jl. Pamularsih No 10 Semarang, Jawa Tengah - Semarang (Kota) Jl. 17 Agustus, Teling Atas, Wanea Kota Manado, Sulawesi Utara - Manado (Kota) Jl. Beruang No. 76 RT 001 RW 002 Kelurahan Labuang Baji, Kecamatan Mamajang Kotamadya Makassar, Sulawesi Selatan - Makassar (Kota) Jalan Jayagiri IX No. 1B, Desa Dangin Puri Klod, Denpasar - Denpasar (Kota) Jl. Ir. M. Putuhena Kompleks Belakang Balai Diklat Provinsi Wailela Desa Rumah Tiga Kota Ambon, Maluku - Ambon (Kota) Jl MH Thamrin No 04, Oepoi Kelurahan Oebufu, Kecamatan Oebobo. Kota Kupang. NTT. - Kupang (Kota) Jl. Kramat Raya No.57 Jakarta Pusat 10450 - Jakarta Pusat (Kota) Jl. Slamet Riyadi No 2 (Samping Islamic Center Samarinda) Kel. Teluk Lerong Ulu, Kecamatan Sungai Kunjang - Samarinda (Kota) Jl. Irian No.41, Pontianak Selatan, Provinsi Kalimantan Barat - Pontianak (Kota) Jl. Gayungsari Barat No. 116 RT.002/RW.07, Kecamatan Gayungan, Kota Surabaya - Jawa Timur 60235 - Surabaya (Kota) Jl. Swaramahadirka No. 4 - Mataram NTB - Mataram (Kota) Jl. Syiah Kuala, kel. Bandar Baru, kec. Kuta Alam, Kota Banda Aceh - Banda Aceh (Kota) Jln.Gatot Subroto I No.1 RT 20 RW 002 Kel Kebun Bunga , Kec. Banjarmasin Timur, Kota Banjarmasin. - Banjarmasin (Kota) Jl. Arifin Ahmad Komplek Mega Asri Green Office Blok B-5, Marpoyan Damai, Pekanbaru - Pekan Baru (Kota) Jalan Pangeran Emir Moh Noer LK 2 RT 1 RW - NO.29E kelurahan Pengajaran Kecamatan Teluk Betung Utara ,Bandar Lampung - Lampung, Kota Bandar Lampung - Bandar Lampung (Kota)

Persyaratan Kualifikasi Administrasi/Legalitas
Izin Usaha
Aktivitas Penyediaan Tenaga Kerja Waktu Tertentu KBLI 78200
Aktivitas Keamanan Swasta KBLI 80100
Aktivitas Penyedia Gabungan Jasa Penunjang Fasilitas KBLI 81100
Aktivitas Kebersihan Umum Bangunan KBLI 81210
Aktivitas Perawatan dan Pemeliharaan Taman KBLI 81300
Aktivitas Penyedia Gabungan Jasa Administrasi Kantor KBLI 82110
Memiliki TDP atau NIB
Memiliki NPWP
Telah Memenuhi kewajiban perpajakan tahun pajak terakhir (SPT Tahunan)
1 tahun sebelumnya
Mempunyai atau menguasai tempat usaha/kantor dengan alamat yang benar, tetap dan jelas berupa milik sendiri atau sewa
Secara hukum mempunyai kapasitas untuk mengikatkan diri pada Kontrak yang dibuktikan dengan:
a) Akta Pendirian Perusahaan dan/atau perubahannya (akta perubahan bisa berlaku seluruhnya).
b) Surat Kuasa (apabila dikuasakan).
c) Bukti bahwa yang diberikan kuasa merupakan pegawai tetap (apabila dikuasakan).
d) KTP.
Surat Pernyataan:
a) Yang bersangkutan dan manajemennya tidak dalam pengawasan pengadilan, tidak pailit, dan kegiatan usahanya tidak sedang dihentikan.
b) Yang bersangkutan berikut Pengurus Badan Usaha tidak sedang dikenakan sanksi Daftar Hitam.
c) Yang bertindak untuk dan atas nama Badan Usaha tidak sedang dalam menjalani sanksi pidana.
d) pimpinan dan pengurus Badan Usaha bukan sebagai pegawai K/L/PD atau pimpinan dan pengurus Badan Usaha sebagai pegawai K/L/PD yang sedang mengambil cuti diluar tanggungan Negara.
e) Pernyataan lain yang menjadi syarat kualifikasi yang tercantum dalam Dokumen Kualifikasi.
f) Pernyataan bahwa data kualifikasi yang diisikan dan dokumen penawaran yang disampaikan benar, dan jika dikemudian hari ditemukan bahwa data/dokumen yang disampaikan tidak benar dan ada pemalsuan maka Direktur Utama/Pimpinan Perusahaan/Pimpinan Koperasi, atau Kepala Cabang, dari seluruh anggota Kemitraan bersedia dikenakan sanksi administratif, sanksi pencantuman dalam Daftar Hitam, gugatan secara perdata, dan/atau pelaporan secara pidana kepada pihak berwenang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang undangan.
Tidak masuk dalam Daftar Hitam
Dalam hal Peserta akan melakukan konsorsium/kerja sama operasi/kemitraan/bentuk kerjasama lain harus mempunyai perjanjian konsorsium/kerja sama operasi/kemitraan/bentuk kerjasama lain
Syarat Kualifikasi Administrasi/Legalitas Lain
Penyedia Jasa adalah badan usaha dan memiliki Surat Ijin Usaha dengan barangjasa dagangan utama pengelolaan Gedung, Izin Usaha Jasa Konstruksi dengan klasifikasi bidang usaha Pekerjaan LansekapPertamanan SBU SP015 dan Pekerjaan Perawatan Bangunan Gedung SBU SP016 yang diterbitkan oleh LPJK Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi, sub kualifikasi M1, serta kualifikasi NonKecil
Syarat Kualifikasi Administrasi/Legalitas Lain
Memiliki Surat Ijin Operasional Perusahaan Penyedia Jasa Tenaga Kerja oleh Online Single Submission OSS
Syarat Kualifikasi Administrasi/Legalitas Lain
Memiliki izin sebagai penyediaan jasa Tenaga Pengamanan Badan Usaha Penyediaan Jasa Tenaga Pengamanan dari Mabes POLRI
Syarat Kualifikasi Administrasi/Legalitas Lain
Memiliki sertifikat kualitas yang dikeluarkan oleh Lembaga Sertifikasi dengan akreditasi minimal Komite Akreditasi Nasional KAN dan masih berlaku, antara lain a. Sertifikat mutu Sistem Manajemen Kualitas ISO 90012015 b. Sertifikat mutu Sistem Manajemen Lingkungan ISO 140012015 c. Sertifikat mutu Sistem Manajemen Kesehatan Keselamatan Kerja ISO 450012018 d. Sertifikat Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja SMK3
Syarat Kualifikasi Administrasi/Legalitas Lain
Memiliki Surat Keterangan Dukungan dari Prinsipal untuk Lift Thyssenkrupp dan Genset
Syarat Kualifikasi Administrasi/Legalitas Lain
Terdaftar pada ABUJAPI aktif
Syarat Kualifikasi Administrasi/Legalitas Lain
Terdaftar dan aktif di BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan
Syarat Kualifikasi Administrasi/Legalitas Lain
Memiliki sertifikat keanggotaan Green Building Council Indonesia GBCI
Syarat Kualifikasi Administrasi/Legalitas Lain
Melampirkan pengalaman 2 Dua tahun terakhir di bidang pengelolaan gedung yang mengacu kepada konsep green building minimal 5 Lima lantai dengan luas bangunan minimal 5.000 m
Syarat Kualifikasi Administrasi/Legalitas Lain
Memiliki perangkat dan program pengawasan kinerja yang terintegrasi
Persyaratan Kualifikasi Teknis
Memiliki Pengalaman Pekerjaan:
a) Penyediaan jasa pada divisi yang sama paling kurang 1 pekerjaan dalam kurun waktu 1 (satu) tahun terakhir baik di lingkungan pemerintah maupun swasta, termasuk pengalaman subkontrak;
b) Penyediaan jasa sekurang-kurangnya dalam kelompok/grup yang sama paling kurang 2 pekerjaan dalam kurun waktu 3 (tiga) tahun terakhir baik di lingkungan pemerintah maupun swasta, termasuk pengalaman subkontrak; dan
c) Nilai pekerjaan sejenis tertinggi dalam kurun waktu 10 (sepuluh) tahun terakhir untuk usaha non kecil paling kurang sama dengan 50% (lima puluh persen) nilai total HPS/Pagu Anggaran.
Memiliki SDM Tenaga Ahli
Jenis KeahlianKeahlian/SpesifikasiPengalamanKemampuan Manajerial
Building Manager• pendidikan minimal S1 segala jurusan diutamakan jurusan Teknik; • Memiliki Sertifikat Ahli Pemeliharaan dan Perawatan Bangunan Kategori Madya yang dikeluarkan oleh Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) yang masih berlaku; • Memiliki Sertifikat Greenship Professional (GP) yang dikeluarkan oleh Green Building Council Indonesia (GBCI) yang masih berlaku; • Memiliki Sertifikat Proteksi Kebakaran yang diterbitkan oleh NFPA (National Fire Protection Association) atau sertifikat pemadam kebakaran minimal kelas B yang diterbitkan oleh kemenaker; • Memiliki Sertifikat Ahli K3 Umum yang di terbitkan oleh Kemenaker yang masih berlaku; • memiliki pengalaman sebagai Building Manager dibidang Pengelolaan Gedung minimal 2 (dua) kali dalam kurun waktu 3 (tiga) tahun terakhir• memiliki pengalaman sebagai Building Manager dibidang Pengelolaan Gedung minimal 2 (dua) kali dalam kurun waktu 3 (tiga) tahun terakhirmemahami layout gedung dan Kantor Penghubung Komisi Yudisial, melakukan koordinasi dengan Komisi Yudisial terkait dengan perawatan dan pemeliharaan kebersihan (pada seluruh bagian: lantai, dinding, plafon, peralatan kerja, working furniture, living furniture, dapur, kamar mandi, partisi, tangga, WC, AC, lift, Chiller dan Genset. Khusus untuk dinding/kaca gedung bagian luar dibersihkan secara berkala minimal 2 (dua) kali dalam setahun, serta keamanan gedung kantor Komisi Yudisial, membuat laporan mingguan dan bulanan terkait kebersihan, kondisi dan keamanan gedung dan Kantor Penghubung Komisi Yudisial serta mengkoordinasikan seluruh kegiatan teknisi plumbing, mekanikal/elektrikal, AC, Sipil dan melaporkan hasilnya ke Building Manager, penanganan keluhan terhadap operasional engineering gedung (panel kontrol listrik, lift, AC, perpipaan, jaringan listrik gedung, jaringan telepon gedung dan genset). Melakukan pengawasan secara rutin untuk memastikan bahwa semua equipment gedung berada dalam kondisi bersih dan berfungsi.
Koordinator Keamanan • Pendidikan minimal S1 Semua Jurusan; • Memiliki Keahlian Pengamanan Minimal Gada Madya yang diterbitkan oleh lembaga pelatihan dengan izin Binmas POLRI; • Memiliki minimal salah satu keterampilan dasar intelijen keamanan/keterampilan Bela Diri (dibuktikan dengan sertifikat)• Berpengalaman dibidang pengamanan Gedung Negara/Pemerintah minimum 5 tahun; • Berpengalaman sebagai pengawas minimal 3 tahunmengkoordinasikan seluruh kegiatan anggota satuan pengamanan gedung, pengemudi dan melaporkan hasilnya ke Building Manager. Selanjutnya memastikan gedung kantor di semua lantai aman dari seluruh gangguan baik dari dalam maupun dari luar termasuk antara lain : bencana alam, kebakaran, kecelakaan kerja, dan lain-lain sesuai dengan SOP yang disepakati antara building management dan Komisi Yudisial
Koordinator Layanan Perkantoran • Pendidikan minimal S1 segala jurusan diutamakan S1 Teknik; • Memiliki keahlian di bidang Service Excellent, Complain Handling (dibuktikan dengan sertifikat)• Berpengalaman sebagai pengawas minimal 3 tahunmengkoordinasikan berbagai tugas pelayanan perkantoran yang bersifat pelayanan rutin meliputi kebersihan, pramusaji/office boy, pertamanan, maupun pengoperasikan aset fasilitas/equipment gedung, pemeliharaan rutin dan non rutin terhadap aset equipment gedung, melaporkan kondisi aset equipment gedung berupa kerusakan, servis, dan perbaikan terhadap equipment gedung, pemeriksaan terhadap jaringan mekanikal dan elektrikal. Jika terjadi kerusakan pada equipment mekanikal dan elektrikal maka pihak pengelola gedung segera berkoordinasi dengan Komisi Yudisial untuk menindaklanjuti perbaikan
Handling Complain & Administrasi • Pendidikan minimal S1 Semua Jurusan diutamakan S1 Jurusan Administrasi• berpengalaman dibidang Handling Complain dan Administrasi minimal 2 (dua) kali dalam 3 (tiga) tahun terakhirMembantu Building Manager dalam melakukan pelayanan dan Complain dari Komisi Yudisial terkait Perawatan, Keamanan dan Layanan Perkantoran Gedung dan Kantor Penghubung Komisi Yudisial serta mengurus proses administrasi keuangan dan pelaporan
Teknisi Mekanikal Elektrikal • Pendidikan minimal STM/SMK Jurusan Mesin/Elektro/Listrik; • Memiliki Sertifikat K3 Listrik atau K3 Elevator dan Eskalator• berpengalaman sebagai Teknisi dibidang Pengelolaan Gedung minimal 2 (dua) tahunrutinitas checklist semua peralatan equipment serta mekanikal elektrikal gedung dan Kantor Penghubung Komisi Yudisial, melakukan perbaikan, penggantian peralatan yang rusak serta melakukan control equipment serta mekanikal dan melaporkannya ke Supervisor Mekanikal Elektrikal
Teknisi Sipil (2 orang) • Pendidikan minimal STM/SMK Jurusan Sipil/Bangunan;• berpengalaman sebagai Teknisi dibidang Pengelolaan Gedung minimal 2 (dua) tahunmelaksanakan pengecekan fisik bangunan gedung secara rutin, menginventarisir kerusakan serta dan melaporkannya ke Supervisor Mekanikal Elektrikal
Memiliki kemampuan untuk menyediakan peralatan
NamaSpesifikasi
1) Mesin absensi elektronik finger print/tapping card Minimal mampu absensi menggunakan Finger print
2) Mesin polisher Alat gosok dan polesh untuk karpet, lantai, ataupun permukaan batu
3) Personal Lift alat bantu ketinggian sederhana minimal untuk 1 orang dengan ketinggian kerja minimal 10 meter
4) Metal Detector Alat pendeteksi logam
5) Mesin Steam AC Alat Cuci AC
6) Mesin Vakum Besar untuk debu dan air basah
7) Handy Talky Alat komunikasi dengan nama radio handy talky atau radio HT, ada juga yang menyebutnya dengan walky talky atau radio komunikasi
8) Mesin cuci 1 tabung mesin cuci dengan tabung tunggal yang berfungsi untuk mencuci dan memeras pakaian sekaligus
9) Thermo Gun (Suhu Mesin) Thermometer Digital Infrared alat pengukur suhu mesin
10) Lux Meter (Pengukur Intensitas Cahaya Ruangan) Alat Ukur Intensitas Cahaya
Syarat Kualifikasi Teknis Lain
Penyedia jasa menyampaikan program pengelolaan gedung menggunakan konsep green building dalam bentuk laporan dan dimasukkan kedalam dokumen penawaran
Syarat Kualifikasi Teknis Lain
Memberikan Metodologi kerja untuk setiap jenis pekerjaan
Persyaratan Kualifikasi Kemampuan Keuangan
Menyampaikan laporan keuangan tahun terakhir yang mencerminkan Total Ekuitas yang dilihat dari neraca keuangan.
Memiliki Sisa Kemampuan Nyata (SKN) paling kecil 50% (lima puluh persen) dari nilai Total HPS.
Syarat Kualifikasi Kemampuan Keuangan Lain
Laporan keuangan perusahaan yang telah diaudit oleh auditorkantor akuntan publik minimal laporan keuangan perusahaan tahun 2021

LPSE Kementerian Keuangan

Detail Paket Pekerjaan Pengadaan Jasa Lainnya Perawatan, Keamanan dan Layanan Perkantoran Gedung Komisi Yudisial serta Kantor Penghubung Komisi Yudisial di Daerah Tahun Anggaran 2023

Unit

LPSE Kementerian Keuangan

Pagu

Rp. 20.043.512.882,00 (20,0 M)

Metode

Tender - Pascakualifikasi Dua File - Sistem Nilai

Tanggal

05-Desember-2022 s/d 12-Desember-2022

Satuan Kerja

KOMISI YUDISIAL RI

K/L/PD

Komisi Yudisial Ri

Lokasi Pekerjaan

Jl. Jenderal Sudirman KM 2.5 No 7490 Palembang - Palembang (Kota) Jl. STM Ujung/Atas No 74 Medan Kelurahan Suka Maju, Kecamatan Medan Johor, Kota Medan - Medan (Kota) Jl. Supu Yusuf No. 17 Korumba Kota Kendari-Sultra - Kendari (Kota) Jl. Raya Abepura, Ale-Ale, Padang Bulan, Kel. Heram, Kec. Jayapura, Papua, 99351 - Jayapura (Kota) Jl. Yos Sudarso No.27 RT.003 RW.005 Kelurahan Manokwari Barat, Distrik Manokwari Barat, Kabupaten Manokwari, Papua Barat 98312 - Manokwari (Kab.) Jl. Asahan Nomor 2, Kelurahan Rimbo Kaluang, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat. - Padang (Kota) Jl. Pamularsih No 10 Semarang, Jawa Tengah - Semarang (Kota) Jl. 17 Agustus, Teling Atas, Wanea Kota Manado, Sulawesi Utara - Manado (Kota) Jl. Beruang No. 76 RT 001 RW 002 Kelurahan Labuang Baji, Kecamatan Mamajang Kotamadya Makassar, Sulawesi Selatan - Makassar (Kota) Jalan Jayagiri IX No. 1B, Desa Dangin Puri Klod, Denpasar - Denpasar (Kota) Jl. Ir. M. Putuhena Kompleks Belakang Balai Diklat Provinsi Wailela Desa Rumah Tiga Kota Ambon, Maluku - Ambon (Kota) Jl MH Thamrin No 04, Oepoi Kelurahan Oebufu, Kecamatan Oebobo. Kota Kupang. NTT. - Kupang (Kota) Jl. Kramat Raya No.57 Jakarta Pusat 10450 - Jakarta Pusat (Kota) Jl. Slamet Riyadi No 2 (Samping Islamic Center Samarinda) Kel. Teluk Lerong Ulu, Kecamatan Sungai Kunjang - Samarinda (Kota) Jl. Irian No.41, Pontianak Selatan, Provinsi Kalimantan Barat - Pontianak (Kota) Jl. Gayungsari Barat No. 116 RT.002/RW.07, Kecamatan Gayungan, Kota Surabaya - Jawa Timur 60235 - Surabaya (Kota) Jl. Swaramahadirka No. 4 - Mataram NTB - Mataram (Kota) Jl. Syiah Kuala, kel. Bandar Baru, kec. Kuta Alam, Kota Banda Aceh - Banda Aceh (Kota) Jln.Gatot Subroto I No.1 RT 20 RW 002 Kel Kebun Bunga , Kec. Banjarmasin Timur, Kota Banjarmasin. - Banjarmasin (Kota) Jl. Arifin Ahmad Komplek Mega Asri Green Office Blok B-5, Marpoyan Damai, Pekanbaru - Pekan Baru (Kota) Jalan Pangeran Emir Moh Noer LK 2 RT 1 RW - NO.29E kelurahan Pengajaran Kecamatan Teluk Betung Utara ,Bandar Lampung - Lampung, Kota Bandar Lampung - Bandar Lampung (Kota)

Rencana Umum Pengadaan

Kode RUPNama PaketSumber Dana
37959751Paket Pekerjaan Pengadaan Jasa Lainnya Perawatan, Keamanan dan Layanan Perkantoran Gedung Komisi Yudisial serta Kantor Penghubung Komisi Yudisial di Daerah Tahun Anggaran 2023APBN
37959751Paket Pekerjaan Pengadaan Jasa Lainnya Perawatan, Keamanan dan Layanan Perkantoran Gedung Komisi Yudisial serta Kantor Penghubung Komisi Yudisial di Daerah Tahun Anggaran 2023APBN
37959751Paket Pekerjaan Pengadaan Jasa Lainnya Perawatan, Keamanan dan Layanan Perkantoran Gedung Komisi Yudisial serta Kantor Penghubung Komisi Yudisial di Daerah Tahun Anggaran 2023APBN

Persyaratan Kualifikasi

Persyaratan Kualifikasi Administrasi/Legalitas
Izin Usaha
Aktivitas Penyediaan Tenaga Kerja Waktu Tertentu KBLI 78200
Aktivitas Keamanan Swasta KBLI 80100
Aktivitas Penyedia Gabungan Jasa Penunjang Fasilitas KBLI 81100
Aktivitas Kebersihan Umum Bangunan KBLI 81210
Aktivitas Perawatan dan Pemeliharaan Taman KBLI 81300
Aktivitas Penyedia Gabungan Jasa Administrasi Kantor KBLI 82110
Memiliki TDP atau NIB
Memiliki NPWP
Telah Memenuhi kewajiban perpajakan tahun pajak terakhir (SPT Tahunan)
1 tahun sebelumnya
Mempunyai atau menguasai tempat usaha/kantor dengan alamat yang benar, tetap dan jelas berupa milik sendiri atau sewa
Secara hukum mempunyai kapasitas untuk mengikatkan diri pada Kontrak yang dibuktikan dengan:
a) Akta Pendirian Perusahaan dan/atau perubahannya (akta perubahan bisa berlaku seluruhnya).
b) Surat Kuasa (apabila dikuasakan).
c) Bukti bahwa yang diberikan kuasa merupakan pegawai tetap (apabila dikuasakan).
d) KTP.
Surat Pernyataan:
a) Yang bersangkutan dan manajemennya tidak dalam pengawasan pengadilan, tidak pailit, dan kegiatan usahanya tidak sedang dihentikan.
b) Yang bersangkutan berikut Pengurus Badan Usaha tidak sedang dikenakan sanksi Daftar Hitam.
c) Yang bertindak untuk dan atas nama Badan Usaha tidak sedang dalam menjalani sanksi pidana.
d) pimpinan dan pengurus Badan Usaha bukan sebagai pegawai K/L/PD atau pimpinan dan pengurus Badan Usaha sebagai pegawai K/L/PD yang sedang mengambil cuti diluar tanggungan Negara.
e) Pernyataan lain yang menjadi syarat kualifikasi yang tercantum dalam Dokumen Kualifikasi.
f) Pernyataan bahwa data kualifikasi yang diisikan dan dokumen penawaran yang disampaikan benar, dan jika dikemudian hari ditemukan bahwa data/dokumen yang disampaikan tidak benar dan ada pemalsuan maka Direktur Utama/Pimpinan Perusahaan/Pimpinan Koperasi, atau Kepala Cabang, dari seluruh anggota Kemitraan bersedia dikenakan sanksi administratif, sanksi pencantuman dalam Daftar Hitam, gugatan secara perdata, dan/atau pelaporan secara pidana kepada pihak berwenang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang undangan.
Tidak masuk dalam Daftar Hitam
Dalam hal Peserta akan melakukan konsorsium/kerja sama operasi/kemitraan/bentuk kerjasama lain harus mempunyai perjanjian konsorsium/kerja sama operasi/kemitraan/bentuk kerjasama lain
Syarat Kualifikasi Administrasi/Legalitas Lain
Penyedia Jasa adalah badan usaha dan memiliki Surat Ijin Usaha dengan barangjasa dagangan utama pengelolaan Gedung, Izin Usaha Jasa Konstruksi dengan klasifikasi bidang usaha Pekerjaan LansekapPertamanan SBU SP015 dan Pekerjaan Perawatan Bangunan Gedung SBU SP016 yang diterbitkan oleh LPJK Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi, sub kualifikasi M1, serta kualifikasi NonKecil
Syarat Kualifikasi Administrasi/Legalitas Lain
Memiliki Surat Ijin Operasional Perusahaan Penyedia Jasa Tenaga Kerja oleh Online Single Submission OSS
Syarat Kualifikasi Administrasi/Legalitas Lain
Memiliki izin sebagai penyediaan jasa Tenaga Pengamanan Badan Usaha Penyediaan Jasa Tenaga Pengamanan dari Mabes POLRI
Syarat Kualifikasi Administrasi/Legalitas Lain
Memiliki sertifikat kualitas yang dikeluarkan oleh Lembaga Sertifikasi dengan akreditasi minimal Komite Akreditasi Nasional KAN dan masih berlaku, antara lain a. Sertifikat mutu Sistem Manajemen Kualitas ISO 90012015 b. Sertifikat mutu Sistem Manajemen Lingkungan ISO 140012015 c. Sertifikat mutu Sistem Manajemen Kesehatan Keselamatan Kerja ISO 450012018 d. Sertifikat Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja SMK3
Syarat Kualifikasi Administrasi/Legalitas Lain
Memiliki Surat Keterangan Dukungan dari Prinsipal untuk Lift Thyssenkrupp dan Genset
Syarat Kualifikasi Administrasi/Legalitas Lain
Terdaftar pada ABUJAPI aktif
Syarat Kualifikasi Administrasi/Legalitas Lain
Terdaftar dan aktif di BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan
Syarat Kualifikasi Administrasi/Legalitas Lain
Memiliki sertifikat keanggotaan Green Building Council Indonesia GBCI
Syarat Kualifikasi Administrasi/Legalitas Lain
Melampirkan pengalaman 2 Dua tahun terakhir di bidang pengelolaan gedung yang mengacu kepada konsep green building minimal 5 Lima lantai dengan luas bangunan minimal 5.000 m
Syarat Kualifikasi Administrasi/Legalitas Lain
Memiliki perangkat dan program pengawasan kinerja yang terintegrasi
Persyaratan Kualifikasi Teknis
Memiliki Pengalaman Pekerjaan:
a) Penyediaan jasa pada divisi yang sama paling kurang 1 pekerjaan dalam kurun waktu 1 (satu) tahun terakhir baik di lingkungan pemerintah maupun swasta, termasuk pengalaman subkontrak;
b) Penyediaan jasa sekurang-kurangnya dalam kelompok/grup yang sama paling kurang 2 pekerjaan dalam kurun waktu 3 (tiga) tahun terakhir baik di lingkungan pemerintah maupun swasta, termasuk pengalaman subkontrak; dan
c) Nilai pekerjaan sejenis tertinggi dalam kurun waktu 10 (sepuluh) tahun terakhir untuk usaha non kecil paling kurang sama dengan 50% (lima puluh persen) nilai total HPS/Pagu Anggaran.
Memiliki SDM Tenaga Ahli
Jenis KeahlianKeahlian/SpesifikasiPengalamanKemampuan Manajerial
Building Manager• pendidikan minimal S1 segala jurusan diutamakan jurusan Teknik; • Memiliki Sertifikat Ahli Pemeliharaan dan Perawatan Bangunan Kategori Madya yang dikeluarkan oleh Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) yang masih berlaku; • Memiliki Sertifikat Greenship Professional (GP) yang dikeluarkan oleh Green Building Council Indonesia (GBCI) yang masih berlaku; • Memiliki Sertifikat Proteksi Kebakaran yang diterbitkan oleh NFPA (National Fire Protection Association) atau sertifikat pemadam kebakaran minimal kelas B yang diterbitkan oleh kemenaker; • Memiliki Sertifikat Ahli K3 Umum yang di terbitkan oleh Kemenaker yang masih berlaku; • memiliki pengalaman sebagai Building Manager dibidang Pengelolaan Gedung minimal 2 (dua) kali dalam kurun waktu 3 (tiga) tahun terakhir• memiliki pengalaman sebagai Building Manager dibidang Pengelolaan Gedung minimal 2 (dua) kali dalam kurun waktu 3 (tiga) tahun terakhirmemahami layout gedung dan Kantor Penghubung Komisi Yudisial, melakukan koordinasi dengan Komisi Yudisial terkait dengan perawatan dan pemeliharaan kebersihan (pada seluruh bagian: lantai, dinding, plafon, peralatan kerja, working furniture, living furniture, dapur, kamar mandi, partisi, tangga, WC, AC, lift, Chiller dan Genset. Khusus untuk dinding/kaca gedung bagian luar dibersihkan secara berkala minimal 2 (dua) kali dalam setahun, serta keamanan gedung kantor Komisi Yudisial, membuat laporan mingguan dan bulanan terkait kebersihan, kondisi dan keamanan gedung dan Kantor Penghubung Komisi Yudisial serta mengkoordinasikan seluruh kegiatan teknisi plumbing, mekanikal/elektrikal, AC, Sipil dan melaporkan hasilnya ke Building Manager, penanganan keluhan terhadap operasional engineering gedung (panel kontrol listrik, lift, AC, perpipaan, jaringan listrik gedung, jaringan telepon gedung dan genset). Melakukan pengawasan secara rutin untuk memastikan bahwa semua equipment gedung berada dalam kondisi bersih dan berfungsi.
Koordinator Keamanan • Pendidikan minimal S1 Semua Jurusan; • Memiliki Keahlian Pengamanan Minimal Gada Madya yang diterbitkan oleh lembaga pelatihan dengan izin Binmas POLRI; • Memiliki minimal salah satu keterampilan dasar intelijen keamanan/keterampilan Bela Diri (dibuktikan dengan sertifikat)• Berpengalaman dibidang pengamanan Gedung Negara/Pemerintah minimum 5 tahun; • Berpengalaman sebagai pengawas minimal 3 tahunmengkoordinasikan seluruh kegiatan anggota satuan pengamanan gedung, pengemudi dan melaporkan hasilnya ke Building Manager. Selanjutnya memastikan gedung kantor di semua lantai aman dari seluruh gangguan baik dari dalam maupun dari luar termasuk antara lain : bencana alam, kebakaran, kecelakaan kerja, dan lain-lain sesuai dengan SOP yang disepakati antara building management dan Komisi Yudisial
Koordinator Layanan Perkantoran • Pendidikan minimal S1 segala jurusan diutamakan S1 Teknik; • Memiliki keahlian di bidang Service Excellent, Complain Handling (dibuktikan dengan sertifikat)• Berpengalaman sebagai pengawas minimal 3 tahunmengkoordinasikan berbagai tugas pelayanan perkantoran yang bersifat pelayanan rutin meliputi kebersihan, pramusaji/office boy, pertamanan, maupun pengoperasikan aset fasilitas/equipment gedung, pemeliharaan rutin dan non rutin terhadap aset equipment gedung, melaporkan kondisi aset equipment gedung berupa kerusakan, servis, dan perbaikan terhadap equipment gedung, pemeriksaan terhadap jaringan mekanikal dan elektrikal. Jika terjadi kerusakan pada equipment mekanikal dan elektrikal maka pihak pengelola gedung segera berkoordinasi dengan Komisi Yudisial untuk menindaklanjuti perbaikan
Handling Complain & Administrasi • Pendidikan minimal S1 Semua Jurusan diutamakan S1 Jurusan Administrasi• berpengalaman dibidang Handling Complain dan Administrasi minimal 2 (dua) kali dalam 3 (tiga) tahun terakhirMembantu Building Manager dalam melakukan pelayanan dan Complain dari Komisi Yudisial terkait Perawatan, Keamanan dan Layanan Perkantoran Gedung dan Kantor Penghubung Komisi Yudisial serta mengurus proses administrasi keuangan dan pelaporan
Teknisi Mekanikal Elektrikal • Pendidikan minimal STM/SMK Jurusan Mesin/Elektro/Listrik; • Memiliki Sertifikat K3 Listrik atau K3 Elevator dan Eskalator• berpengalaman sebagai Teknisi dibidang Pengelolaan Gedung minimal 2 (dua) tahunrutinitas checklist semua peralatan equipment serta mekanikal elektrikal gedung dan Kantor Penghubung Komisi Yudisial, melakukan perbaikan, penggantian peralatan yang rusak serta melakukan control equipment serta mekanikal dan melaporkannya ke Supervisor Mekanikal Elektrikal
Teknisi Sipil (2 orang) • Pendidikan minimal STM/SMK Jurusan Sipil/Bangunan;• berpengalaman sebagai Teknisi dibidang Pengelolaan Gedung minimal 2 (dua) tahunmelaksanakan pengecekan fisik bangunan gedung secara rutin, menginventarisir kerusakan serta dan melaporkannya ke Supervisor Mekanikal Elektrikal
Memiliki kemampuan untuk menyediakan peralatan
NamaSpesifikasi
1) Mesin absensi elektronik finger print/tapping card Minimal mampu absensi menggunakan Finger print
2) Mesin polisher Alat gosok dan polesh untuk karpet, lantai, ataupun permukaan batu
3) Personal Lift alat bantu ketinggian sederhana minimal untuk 1 orang dengan ketinggian kerja minimal 10 meter
4) Metal Detector Alat pendeteksi logam
5) Mesin Steam AC Alat Cuci AC
6) Mesin Vakum Besar untuk debu dan air basah
7) Handy Talky Alat komunikasi dengan nama radio handy talky atau radio HT, ada juga yang menyebutnya dengan walky talky atau radio komunikasi
8) Mesin cuci 1 tabung mesin cuci dengan tabung tunggal yang berfungsi untuk mencuci dan memeras pakaian sekaligus
9) Thermo Gun (Suhu Mesin) Thermometer Digital Infrared alat pengukur suhu mesin
10) Lux Meter (Pengukur Intensitas Cahaya Ruangan) Alat Ukur Intensitas Cahaya
Syarat Kualifikasi Teknis Lain
Penyedia jasa menyampaikan program pengelolaan gedung menggunakan konsep green building dalam bentuk laporan dan dimasukkan kedalam dokumen penawaran
Syarat Kualifikasi Teknis Lain
Memberikan Metodologi kerja untuk setiap jenis pekerjaan
Persyaratan Kualifikasi Kemampuan Keuangan
Menyampaikan laporan keuangan tahun terakhir yang mencerminkan Total Ekuitas yang dilihat dari neraca keuangan.
Memiliki Sisa Kemampuan Nyata (SKN) paling kecil 50% (lima puluh persen) dari nilai Total HPS.
Syarat Kualifikasi Kemampuan Keuangan Lain
Laporan keuangan perusahaan yang telah diaudit oleh auditorkantor akuntan publik minimal laporan keuangan perusahaan tahun 2021

Memiliki Sertifikat Badan Usaha (SBU) merupakan syarat utama untuk bisa ikut tender/lelang pemerintah!

Di tahun 2022, terjadi perubahan skema sertifikasi badan usaha di LPJK. Bersamaan dengan itu, keluar format baru SBU Jasa Konstruksi

Contoh Format SBU Jasa Konstruksi Baru 2022 Contoh dokumen tender konstruksi, Panduan mengikuti tender konstruksi, Langkah-langkah tender konstruksi, Jadwal tender konstruksi terbaru, Persyaratan tender konstruksi, Proses tender konstruksi, Harga penawaran tender konstruksi, Daftar perusahaan tender konstruksi, Cara menang tender konstruksi, Tips sukses dalam tender konstruksi, Jasa konsultan tender konstruksi, Pemenang tender konstruksi, Contoh dokumen penawaran konstruksi, Persyaratan penawaran konstruksi, Proses penawaran konstruksi, Tips penawaran konstruksi terbaik, Keuntungan ikut tender konstruksi, Perbandingan harga tender konstruksi, Evaluasi dokumen tender konstruksi, Perusahaan konstruksi terpercaya, Jasa manajemen tender konstruksi, Panduan lengkap tender konstruksi, Daftar proyek tender konstruksi, Syarat menjadi penyedia konstruksi, Panduan harga penawaran konstruksi, Proses pengadaan konstruksi, Strategi penawaran konstruksi, Cara evaluasi tender konstruksi, Taktik menang tender konstruksi, Peluang bisnis di tender konstruksi, Rekomendasi penyedia konstruksi, Perbandingan biaya konstruksi, Jenis dokumen tender konstruksi, Panduan penyedia konstruksi, Penawaran harga konstruksi terbaik, Peran konsultan konstruksi, Tata cara penawaran proyek konstruksi, Daftar proyek konstruksi terbaru, Manfaat jasa manajemen konstruksi, Pengalaman ikut tender konstruksi, Evaluasi penawaran konstruksi

Dengan dukungan team yang berpengalaman dalam pengurusan Sertifikat Badan Usaha (SBU), kami siap membantu Perusahaan Anda, sehingga Anda dapat mengikut tender pemerintah/swasta sesuai dengan jadwal lelang/tender yang ada.

Dapatkan Layanan Prioritas dengan menghubungi tim kami

Jika Anda ingin menyampaikan pertanyaan tentang perizinan dan pembuatan PT, saran atau komplain, jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami akan sangat senang melayani permintaan Anda sesegera mungkin.

Bagaimana cara kami membantu Perusahaan Anda untuk memiliki SBU Jasa Konstruksi?

  • 01. Business Goal

    Ceritakan kepada kami, goal bisnis Anda.

    • Mau ambil kualifikasi kontraktor atau konsultan
    • Kapan akan mengikuti tender
    • Tender apa yang akan diikuti
  • 02. Review kebutuhan teknis

    • Data penjualan tahunan;
    • Data kemampuan keuangan/nilai aset;
    • Data ketersediaan Tenaga Kerja Konstruksi
    • Data kemampuan dalam menyediakan Peralatan konstruksi;
    • Data penerapan sistem manajemen anti penyuapan ISO 37001;
    • Data keanggotaan asosiasi BUJK yang terdaftar di LPJK.
  • 03. Tenaga Ahli & Peralatan

    Apakah sudah memiliki tenaga ahli dan peralatan pendukung konstruksi

    Kami dapat membantu proses SKK - Sertifikat Kompetensi Kerja Konstruksi dan pemenuhan Peralatan

    Termasuk Ijin Operator (SIO) dan Ijin Alatnya (SIA)

  • 04. Proses SBU

    SBU Jasa Konstruksi ini dikeluarkan oleh LSBU atau Lembaga Sertifikat Badan Usaha yang di Akreditasi oleh LPJK PUPR

    • BUJK Nasional
    • BUJK PMA
    • BUJK Asing

    Selama Proses SBU, Anda dapat melakukan pengecekan realtime di website Indotender.co.id Cek Proses SBU

  • 05. Perusahaan Anda siap ikut tender

    Selamat! Perusahaan Anda sudah bisa berbisnis dengan tenang

    Cek Tender Sekarang!

Tentang LPSE

Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) adalah unit layanan penyelenggara sistem elektronik pengadaan barang/jasa yang didirikan oleh Kementerian atau Lembaga atau Perguruan Tinggi atau BUMN dan Pemerintah Daerah untuk memfasilitasi ULP (Unit Layanan Pengadaan) dalam melaksanakan pengadaan barang atau jasa pemerintah secara elektronik. LPSE sendiri mengoperasikan sistem e-procurement bernama SPSE (Sistem Pengadaan Secara Elektronik) yang dikembangkan oleh LKPP. Pada awalnya LPSE hanya sebagai tim ad hoc yang dibentuk oleh kepala instansi (gubernur, walikota, menteri). Pada perkembangan selanjutnya, sebagian instansi telah mendirikan LPSE secara struktural seperti di Kementerian Keuangan Republik Indonesia, Provinsi Jawa Barat, dan Provinsi Sumatera Barat. Pada proses pengadaan LPSE hanya sebagai fasilitator yang tidak ikut dalam proses pengadaan. Pelaksanaan proses pengadaan sepenuhnya dilakukan oleh panitia pengadaan atau Unit Layanan Pengadaan/ULP. Landasan hukum yang mendasari lahirnya layanan ini adalah:

  • Meningkatkan akses informasi kepada masyarakat
  • Meningkatkan peran serta media massa dan masyarakat dalam pembangunan
  • Mengembangkan media teknologi informasi dalam rangka menunjang pertumbuhan ekonomi dan pelestarian Budaya
  • Meningkatkan pemberdayaan tehnologi informasi, pos dan telekomunikasi dalam rangka pelayanan publik
  • Mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi guna menciptakan efesiensi dan efektivitas kerja
  • Meningkatan kualitas sumber daya manusia
  1. LPSE System Provider Pada LPSE Sistem Provider ini menjalankan seluruh tugas LPSE, memiliki alamat website sendiri dan mengelola sistem (database) sendiri. LPSE dengan tipe ini juga melaksanakan fungsi lainnya, misal:
    • sosialisasi kepada PPK/Panitia Pengadaan dan Penyedia Barang/Jasa;
    • pelatihan kepada PPK/Panitia Pengadaan dan Penyedia Barang/Jasa;
    • melayani PPK/Panitia Pengadaan untuk mendapatkan kode akses
    • melakukan verifikasi terhadap dokumen (Akta, SIUP, TDP, ijin usaha sesuai bidang, KTP Pemilik dan/atau Direktur Perusahaan, dll.) Dibawah ini merupakan gambar diagram jaringan LPSE System Provider.
  2. LPSE Service Provider Pada LPSE ini memiliki organisasi sebagai berikut:
    • Penanggung Jawab
    • Ketua
    • Bidang Pelatihan dan Sosialisasi
    • Bidang Registrasi dan Verifikasi
    • Bidang Layanan Pengguna

LPSE Service Provider berfungsi mengelola server yang telah terinstalasi SPSE tidak diperlukan karena LPSE tipe ini akan menginduk pada LPSE terdekat sehingga tidak memiliki alamat website sendiri namun tetap menjalankan fungsi lainnya, misal: Pemohon berasal dari Pemkot Tasikmalaya dengan alamat website www.lpse.jabarprov.go.id (alamat ini milik LPSE Provinsi Jawa Barat). Dibawah ini merupakan gambar diagram jaringan LPSE Service Provider

Alasan Diperlukan LPSE untuk mendukung proses pengadaan barang atau jasa secara eletronik (e-pengadaan) dapat berjalan secara lebih efisien, efektif, transparan serta akuntabel sehingga dapat tercipta persaingan sehat antar pelaku usaha dan optimalisasi belanja negara dapat diwujudkan.

LPSE Mempunyai Fungsi sebagai berikut :

  1. Mengelola sistem e-Procurement.
  2. Menyediakan pelatihan kepada PPK atau Panitia dan Penyedia barang/jasa.
  3. Menyediakan sarana akses internet bagi PPK atau Panitia dan Penyedia barang/jasa.
  4. Melakukan pendaftaran dan verifikasi terhadap PPK atau Panitia dan Penyedia barang atau jasa. Melakukan pendaftaran dan verifikasi terhadap PPK atau Panitia dan Penyedia barang atau jasa
Tender LPSE Contoh dokumen tender konstruksi, Panduan mengikuti tender konstruksi, Langkah-langkah tender konstruksi, Jadwal tender konstruksi terbaru, Persyaratan tender konstruksi, Proses tender konstruksi, Harga penawaran tender konstruksi, Daftar perusahaan tender konstruksi, Cara menang tender konstruksi, Tips sukses dalam tender konstruksi, Jasa konsultan tender konstruksi, Pemenang tender konstruksi, Contoh dokumen penawaran konstruksi, Persyaratan penawaran konstruksi, Proses penawaran konstruksi, Tips penawaran konstruksi terbaik, Keuntungan ikut tender konstruksi, Perbandingan harga tender konstruksi, Evaluasi dokumen tender konstruksi, Perusahaan konstruksi terpercaya, Jasa manajemen tender konstruksi, Panduan lengkap tender konstruksi, Daftar proyek tender konstruksi, Syarat menjadi penyedia konstruksi, Panduan harga penawaran konstruksi, Proses pengadaan konstruksi, Strategi penawaran konstruksi, Cara evaluasi tender konstruksi, Taktik menang tender konstruksi, Peluang bisnis di tender konstruksi, Rekomendasi penyedia konstruksi, Perbandingan biaya konstruksi, Jenis dokumen tender konstruksi, Panduan penyedia konstruksi, Penawaran harga konstruksi terbaik, Peran konsultan konstruksi, Tata cara penawaran proyek konstruksi, Daftar proyek konstruksi terbaru, Manfaat jasa manajemen konstruksi, Pengalaman ikut tender konstruksi, Evaluasi penawaran konstruksi